Kamis, 15 November 2012

Resume Kelompok 6

Dari pembahasan kelompok sebelumnya ini pembahasan kelompok yang terakhir , untuk kelompok aku sendiri sii .hehe . yang bertemakan "ARTI PENTING KEPEMIMPINAN DALAM BERORGANISASI".Sedikit pembahasan tentang kepemimpinan . Pada dasarnya dalam menjalankan suatu organisasi ada yang namannya pemimpin dan kepemimpinan . Jangan sampai salah mengartikannya apa itu pemimpin dengan kepemimpinan. Pemimpin itu adalah seseorang yang mampu menjalankan fungsi serta perannya, yang tak lain adalah mengatur. Seorang pemimpin itu harus menjadi panutan oleh bawahannya, karena dalam memimpin suatu organisasi akan berpengaruh dalam organisasi yang akan dipimpinnya. Apabila suatu citra,kemampuan,wawasan dan sikap seorang pemimpin kurang baik, maka berpengaruh buruk dengan organisasinya. Sedangkan kepemimpinan adalah identitas yang mengarahkan kerja para anggota organisasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi.Lalu ada seorang pemimpin memiliki syarat yang terpenting yaitu teladan. Karena sebuah organisasi yang baik adalah seseorang yang mampu menjadi teladan bagi setiap anggotanya.
Lalu langsung saja ke akhir pembahasa dengan membuka sesi pertanyaan :
Pertanyaan 1 :
ada ga si type dari seorang pemimpin ? kalau ada coba sebutkan dan jelaskan ?
jawab : "menurut kelompok kami type suatu organisasi itu ada 5 di antaranya type otoratis, type paternalistis,type militeristis,type karismatis dan yang terakhir type demokratis.
yang pertama pada type otoratis yaitu dimana seorang pemimpin menganggap suatu hak tersendiri, pemimpin di sini egois dan otoriter. Cirinya itu seperti : organisasi adalah milik pribadi, menganggap bawahan sebagai alat semata mata. Lalu yang kedua ada type paternalistis, yaitu pada type di sini pemimpin mempengaruhi sifat kebapaan dalamn menggerakan bawahan untuk mencapai suatu tujuan.Cirinya menganggap bawahan tidak dewasa, terlalu bersikap melindungi bawahan. Yang ketiga type militeristis, yaitu type disini tidak sama dengan yang ada didalam militer,cirinya jika menggerakan bawahan selalu menggunakan jabatan dan pangkat.Yang keempat type karismatis yaitu seorang pemimpin yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga menimbulkan simpati pada organisasinya.dan yang terakhir type demokratis, yaitu type pemimpin disini yang banyak dicari oleh orang banyak, karena kemimpin disini lebih mengutamakan kelompok terlebih dahulu dibandingkan dengan individual."

pertanyaan 2:
Apakah efektifitas seseorang dapat dialihkan dari organisasi ke organisasi lain ?
jawab :"bisa, caranya dengan memberikan kesempatan luas kepada yang bersangkutan untuk menumbuhkan dan mengembangkan evektifitas kepemimpinanya melalui berbagai kegiatan pendidikan dan latihan kepemimpinan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar